Workshop Perumusan Kurikulum Prodi Ilmu Keperawatan

Workshop Perumusan Kurikulum Prodi Ilmu Keperawatan

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi terus menerus melakukan revisi dan pengembangan kurikulum sehingga bisa menjawab tuntutan pengguna lulusan terkait mutu lulusan. Kurikulum Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi saat ini terdiri atas kurikulum inti dan kurikulum institusional yang dikemas dalam kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum Inti mengacu pada kurikulum Assosiasi Institut Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) tahun 2015 dan dimodifikasi dengan kurikulum Revolusi Industri 4.0 Universitas Sam Ratulangi tahun 2020, sedangkan kurikulum institusi dikembangkan berdasarkan visi misi prodi serta masukan dari stakeholders.
Tujuan dari kegiatan workshop kurikulum ini adalah untuk mengevalusi penerapan kurikulum 5 tahun terakhir, melakukan sosialisasi dan advokasi kurikulum inti 2021 dari AIPNI, serta untuk mengembangkan dan menyusun kurikulum institusi. Dengan dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan civitas academica memahami dan menerapkan kurikulum mengacu pada KKNI dan SN PT 2020 berbasis Outcome-based Education (OBE) di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi.
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 8 Juli 2022, dan diikuti oleh dosen-dosen PSIK FK UNSRAT, stakeholders yang terdiri atas pimpinan rumah sakit & puskesmas, dinas kesehatan, dan organisasi profesi, preseptor klinik, alumni, dan mahasiswa. Fasilitator pada workshop ini adalah Enie Novieastari, S.Kp, MSN, yang adalah Koordinator Bidang Kurikulum Ners Asosiasi Institut Pendidikan Ners Indonesia [AIPNI]).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *