Kuliah Umum dan Pelatihan Promkes

Kuliah Umum dan Pelatihan Promkes

Standar Pendidikan Profesi Dokter dan Standar Kompetensi Dokter Indonesia yang ada menjadi rujukan bagi Program Studi Dokter dalam menyusun dan menyiapkan sarana & prasarana. Perkembangan ilmu kedokteran yang begitu pesat bersamaan dengan dengan perkembangan proses belajar-mengajar berbasis industri 4.0 diharapkan dapat membuka cakrawala baru bahwa pintu dunia belajar sangat mudah di jangkau dan mudah di akses oleh dosen dan mahasiswa, sehingga dosen dan mahasiswa harus mengenal pembelajaran yang berbasis teknologi kedokteran. Hal ini penting karena kita harus meningkatkan capaian lulusan agar lulusan kita mampu bersaing di era MEA ini. Selain itu, kita harus menghasilkan dokter yang berbudi luhur, kompeten, profesional dan mampu beradaptasi terhadap tuntutan industri 4.0. Tim Keterampilan Klinik Dasar Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Komunitas yang diketuai oleh dr. Henry M.F. Palandeng, M.Sc, FISPH, FISCM, SpKKLP, sangat bersyukur untuk dapat mengundang Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Dekan, Dr. dr. Billy J. Kepel, M.Med.Sc, SpKKLP, sangat mengapresiasi Kuliah Umum dan Pelatihan Promkes ini.

Materi yang dibawakan oleh Bapak Bambang P. Cadrana, SKM, MKM yang merupakan Kasubdit Potensi sumber Daya Promkes Dir. Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Ditjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI dengan materi:

  1. Strategi Promosi Kesehatan dalam pembangunan Kesehatan di Indonesia.
  2. Mengetahui dan mampu melihat potensi pemberdayaan Promosi Kesehatan di masyarakat.
  3. Strategi promosi, pencegahan dan intervensi spesifik dalam masa pandemi Covid-19.
  4. Merencanakan dan melaksanakan program promosi kesehatan terkait strategi, advokasi dan kemitraan di bidang kesehatan.
  5. Peran Dokter melaksanakan Promkes di layanan primer.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 16 – 17 Februari 2022 yang dibawakan oleh tim Promkes Kemenkes RI, dihadiri oleh para Instruktur Ketrampilan Klinik Dasar Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Komunitas dan Mahasiswa semester 6 Tahun ajaran Genap 2021-2022. Tujuan dari materi Promosi Kesehatan merupakan bekal untuk memberikan bekal yang cukup dan berarti bagi para mahasiswa baik secara komprehensif maupun integratif dalam melakukan keterampilan Kesehatan Masyarakat /Kedokteran Pencegahan/Komunitas. Dengan adanya kuliah tamu ini, diharapkan dapat memberikan banyak masukkan bagi Mahasiswa dalam menjalankan Keterampilan Klinik Dasar 4, sub skill keterampilan Kesehatan Masyarakat /Kedokteran Pencegahan/Komunitas.