PELATIHAN PRECEPTORSHIP DI PRODI ILMU KEPERAWATAN FK UNIVERSITAS SAM RATULANGI

PELATIHAN PRECEPTORSHIP DI PRODI ILMU KEPERAWATAN FK UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran UNSRAT bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia Regional XII mengadakan kegiatan Pelatihan Preceptorship yang diadakan pada tanggal 29-31 Juli 2024 di Aula lantai 5 PSIK FK.

Adapun Fasilitator/Narasumber yang dihadirkan yaitu :

  1. Agus Setiawan, S.Kp, M.N., D.N (Ketua Umum AIPNI dan Dekan FIK UI)
  2. Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si (Ketua Bidang Organisasi, Kelembagaan dan Humas AIPNI periode 2021-2025, dan Ketua AIPNI regional XII serta Dekan Fakultas Keperawatan UNHAS)

Peserta yang ikut dalam kegiatan kali ini  berasal dari institusi pendidikan keperawatan, selain itu ada juga peserta yang berasal dari instansi Rumah Sakit dan puskesmas di Sulawesi Utara.

Pelaksanaan pelatihan preceptorship dapat mendukung terciptanya pembelajaran klinik keperawatan yang baik akan menjamin terjadinya perubahan sikap dan keterampilan profesional yang baik pada mahasiswa melalui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran klinik yang dapat diukur dan terarah dalam mencapai kompetensinya. Keberadaan instruktur/pembimbing klinik yang baik, rumah sakit pendidikan yang memadai, dan perawat rumah sakit yang mengembangkan budaya komunitas professional keperawatan akan menjadi fasilitas utama dalam penyelenggaraan pembelajaran klinik.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. dr. Nova H Kapantow, DAN., MSc., Sp. GK. Beliau menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk dilaksanakan dan merupakan langkah penting untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam keperawatan, khususnya dalam melakukan pembimbingan preceptorship bagi mahasiswa keperawatan.

_GF