Pelatihan Safe Hospital

Pelatihan Safe Hospital

Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Untuk Fasilitator Safe Hospital Tingkat Provinsi serta melaksanakan tugas Indonesia di ASEAN untuk melaksanakan joint research terkait safe hospital, Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI melaksanakan Workshop Safe Hospital di Manado, tanggal 3-7 Juli 2023.

Tujuan dari pelaksanaan workshop safe hospital adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan awareness terhadap konsep safe hospital di daerah, sebagai sarana penunjang komitmen dalam penguatan konsep safe hospital nasional, sebagai sarana komunikasi maupun koordinasi antara perguruan tinggi dan rumah sakit dalam menjaring calon fasilitator awal. Koordinasi ini sebagai inisiasi program primer atau rujukan dinas kesehatan dalam sosialiasi konsep safe hospital nasional di rumah sakit atau puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya, sebagai langkah inisiasi untuk menjaring fasilitator daerah untuk safe hospital dan menjalankan tugas Indonesia di ASEAN sebagai lead country untuk joint research terkait safe hospital, di mana tujuan penelitian untuk mengkaji proses serta outcome workshop serta penilaian risiko masing-masing RS para peserta dengan menggunakan instrumen HSI dan HVA.

Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng IPU, dihadiri oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Dr. Sumarjaya, SKM, MM, MFP, CFA, Dekan FK Unsrat, Prof. Dr. dr. Nova Hellen Kapantow, DAN, MSc, SpGK, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Fasilitator dan Peneliti dari FK Universitas Sam Ratulangi yaitu dr. Windy Wariki, M.Sc, PhD, dr. Henry Palandeng, M.Sc, FISPH, FISCM, dan dr. Arthur H. Mawuntu, SpN-K.