Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi

Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi melaksakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka  penyusunan dokumen akreditasi yang dimulai dari tanggal 3 sampai 5 November 2023 di Ruangan Minahasa Hotel Mercure Teteli. FGD ini dilakukan dengan tujuan untuk merumuskan penyusunan dokumen akreditasi dimana diskusi lebih difokuskan pada penyusunan Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS) dan Lembar Evaluasi Diri (LED) dalam rangka proses re-akreditasi program studi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. dr. Nova H Kapantow, DAN., MSc., Sp. GK. Beliau menyampaikan bahwa akan membantu dan mendampingi selama proses persiapan Re-akreditasi prodi. Dilain kesempatan, Wakil Dekan 3 yakni dr. Frans Wantania, Sp.PD megevaluasi progress dari setiap tim dan memberi masukan terkait DKPS dan LED sesuai dengan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh asesor. Selain itu, tim dari 9 kriteria juga berdiskusi dengan dr. Frans Wantania, Sp.PD terkait poin-poin akreditasi yang belum dipahami.

Kegiatan penyusunan dokumen akreditasi didampingi oleh narasumber Pak I Gede Putu Darma Suyasa, S.Kp., M.Ng., PhD. Beliau merupakan Wakil Ketua II Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan Rektor Institut Teknologi dan Kesehatan Bali (ITEKES Bali).  Pada saat narasumber melakukan pendampingan, beliau juga mengeavaluasi DKPS dan LED yang sudah disusun oleh tim kriteria dari PSIK FK Unsrat. Masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki lagi dalam penulisan DKPS dan LED. Selain itu beliau juga menyampaikan poin-poin penting yang harus segera dilengkapi oleh PSIK FK Unsrat untuk mengejar status unggul. Turut hadir juga dalam kegiatan ini Wakit Dekan 2 FK dr. Damayanti Pangemanan, M.Kes., AIFO., AIFM., Sp. KKLP, KoordPro dan Sekpro Ilmu Keperawatan.

Dengan adanya FGD ini, Panitia re-akreditasi PSIK FK UNSRAT yang diketuai oleh Ns. Valen F. Simak, M.Kep.,Sp.Kep.KOM optimis akan meraih Akreditasi Unggul pada tahun mendatang.

 

_gf

 

Dokumentasi Pelaksanaan FGD

 

Leave a Reply