Kuliah Pakar dengan tema “End of Life Care for Patients with Chronic Illnes”

Kuliah Pakar dengan tema “End of Life Care for Patients with Chronic Illnes”

Sabtu, 25 Maret 2023

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, baru saja mengadakan Kuliah Pakar yang diadakan di Auditorium Prodi Ilmu Keperawatan lantai 5, pada hari Sabtu lalu (25/03). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh expertise di bidang Keperawatan Onkologi, Dr. Kemala Rita Wahidi, S.Kp., Sp. Kep. Onk., ETN., MARS., FISQua. Selain sebagai praktisi bidang perawatan kanker, beliau juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Perawat Onkologi Indonesia (HIMPONI).

Kuliah Pakar kali ini mengangkat tema “End of Life Care for Patients with Chronic Illnes”. Acara dibuka oleh Ns. Mario Esau Katuuk, M.Kep., Sp. Kep.M.B selaku Master of Ceremony (MC). Selanjutnya, Ns. Maria Lupita Nena Meo, M.Kep mengambil “kendali” acara sebagai Moderator.

Dr. Kemala Rita Wahidi, S.Kp., Sp. Kep. Onk., ETN., MARS., FISQua menjelaskan bahwa kebutuhan palliative care tiap tahunnya semakin meningkat, akan tetapi di Indonesia perawatan paliatif masih sangat rendah. Beliau juga menjelaskan pentingnya perawatan paliatif bagi pasien dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Dr. Kemala berpesan agar perawat dan calon perawat dapat menjadi agen perubahan, jika pelayanan kesehatan di tempat kerja belum menyediakan perawatan paliatif, ayo mulai dari diri kita. Sebagai perawat dan calon perawat, mulai meningkatkan kompetensi diri kita dalam melakukan perawatan paliatif, memahami instrumen dalam menentukan pasien yang membutuhkan perawatan paliatif, menyuarakan kepada pemegang kebijakan di lingkup pelayanan kesehatan tempat kita bekerja mengenai pentingnya perawatan paliatif, serta melakukan perawatan paliatif secara profesional sehingga dapat menjadi contoh bagi pelayanan kesehatan lainnya di Indonesia.

Kuliah Pakar ini dihadiri oleh Dosen Prodi Ilmu Keperawatan (PSIK), Tenaga kependidikan PSIK, dan Mahasiswa S1 Keperawatan tiap tingkatan serta Mahasiswa Profesi Ners. Acara berjalan dengan lancar dan antusias, terbukti walau kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu tetapi sebagian besar mahasiswa PSIK menghadiri kegiatan ini. Selain itu antusias mahasiswa juga terlihat saat beberapa mahasiswa memberikan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada Dr. Kemala Rita Wahidi, S.Kp., Sp. Kep. Onk., ETN., MARS. Dan diakhiri dengan foto bersama.

-aw

 

 

Leave a Reply