Training of Trainer (TOT) Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Untuk Keperawatan

Training of Trainer (TOT) Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Untuk Keperawatan

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran UNSRAT bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia Regional XII mengadakan kegiatan Training of Trainer (TOT) Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Untuk Keperawatan yang diadakan pada tanggal 05 – 07 Juli 2023 di Aula lantai 5 PSIK FK dan di Laboratorium Biomolekuler UNSRAT.

Adapun Fasilitator/Narasumber yang dihadirkan yaitu :

  1. Dr. I Made Kariasa, M.Kep.,Sp.KMB.
    (Ketua Bidang Pengembangan Uji Kompetensi, Pemberdayaan dan Pendayagunaan Lulusan AIPNI Periode 2021-2025, Staf Dosen Deperatemen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)
  2. Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si.
    (Ketua Bidang Organisasi, Kelembagaan dan Humas AIPNI periode 2021-2025, dan Ketua AIPNI regional XII serta Dekan Fakultas Keperawatan UNHAS)
  3. Dr. Erfina, S.Kep.,Ns.,M.Kep.
    (Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Fakultas Keperawatan UNHAS)
  4. Zukri Malik, S.Kep.,Ns.,M.Kep.
    (Dosen Stikes Panakkukang Makassar)
  5. Sisfiani Sarimin, Ns.,M.Kep., Sp.Kep.An.
    (Dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado)

Peserta yang ikut dalam kegiatan kali ini  berasal dari institusi pendidikan keperawatan yang ada di dalam dan luar Sulawesi utara, selain itu ada juga peserta yang berasal dari instansi Rumah Sakit.

Pelaksanaan TOT OSCE untuk keperawatan saat ini merupakan jawaban akan tuntutan masyarakat dalam hal peningkatan kualitas pelayanan keperawatan yang ada. Sebagai seorang perawat tentunya dituntut harus memiliki kemampuan yang holistic baik Intelektual ataupun Keterampilannya dalam menghadapi Era society 5.0 yang merupakan konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi atau kelanjutan dari era revolusi industry 4.0 yang lebih menonjolkan sisi humanisme dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial termasuk pendidikan dengan mengintegrasikan antara virtual dan realita.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kerjasama dr. Carla F. Kairupan , PhD, Sp. KKLP, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini sambil berharap ada output yang positif yang bisa dilihat setelah mengikuti Pelatihan ini. Diakhir sambutannya, dr. Karla membuka secara resmi pelaksanaan Training of Trainer (TOT) Objective Structured Clinical Examination (OSCE) untuk keperawatan secara resmi.

Turur hadir juga dalam kegiatan ini : Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang diwakilkan oleh Bpk Semuel Tambuwun,SKM.,M.Kes selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPW PPNI Sulawesi Utara; Koordinator Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNSRAT, Ns. Sefti S.J Rompas, S.Kep.,M.Kes; Sekretaris Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNSRAT, Ns. Hendro J Bidjuni, S.Kep.,M.Kes; Fasilitator/Narasumber; Para Peserta dan Panitia Pelaksana.

 

-tp

Leave a Reply